Friday, May 10, 2013

Sup Ikan Nila


Di belakang rumah ada pohon belimbing wuluh, yang kutanam sekitar tiga tahun yang lalu. Pohon belimbing wuluh itu ditanam dekat saluran air, sehingga tumbuh dengan subur dan dua tahun lalu mulai berbuah. 

Buahnya banyak sekali, dan besar-besar. Ketika kami memanen buahnya, hasilnya bisa satu baskom penuh, dan masih banyak lagi yang tertinggal di pohon.


Karena tidak terbiasa mengkonsumsi belimbing wuluh, aku bingung, buah ini harus dibikin makanan apa? Ternyata banyak teman yang mengatakan bahwa belimbing wuluh enak kalau dicampur ke dalam masakan yang berkuah, seperti sup ikan, garang asem, asem-asem, dan beberapa masakan lain

Aku pernah mencoba memasak sup ikan, tetapi hasilnya kurang pas di lidah karena agak pahit. Jadi untuk beberapa waktu aku berhenti masak sup ikan. Begitu juga dengan garang asem dan asem-asem. Sepertinya aku ini tidak berbakat memasak, begitu pikirku.

Berhubung sedang punya banyak belimbing wuluh, aku akhirnya memutuskan untuk mencoba sekali lagi masak sup ikan. Tapi kali ini aku tidak mau ambil resiko masakanku tidak dimakan, jadi aku mencari-cari resep sup ikan di internet. Setelah membaca beberapa blog, akhirnya kuputuskan untuk memilih resep yang ada di sini.


Di blog di atas, ikan yang digunakan adalah ikan kakap, tapi aku memilih memasak sup ikan nila. Dasar pemilihannya karena ikan nila dijual dalam kondisi hidup, jadi pasti masih segar. Kalau menggunakan ikan yang lain terutama ikan laut, aku kuatir tidak bisa memilih ikan yang masih segar.

Bahan-bahan yang kugunakan:

  • 500-700gram ikan nila
  • 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 6 siung bawang merah, iris tipis
  • 3-5 cm jahe, kupas dan keprak
  • 2 batang serai
  • 3-5 lembar daun jeruk
  • 10 buah belimbing wuluh
  • 3 buah cabe merah, iris serong
  • segenggam daun kemangi
  • 1 liter air untuk merebus
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya

Cara memasak:
  1. Bersihkan ikan nila, buang insang dan isi perutnya, potong menjadi 3 atau 4 bagian (tergantung besarnya), lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan sebentar, lalu bilas dengan air.
  2. Rebus air dalam panci sampai mendidih, masukkan bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk. Biarkan hingga aroma wanginya tercium.
  3. Masukkan ikan, cabe merah, dan belimbing wuluh. Biarkan hingga mendidih dan ikan matang.
  4. Bumbui dengan garam dan gula, lalu masukkan daun kemangi. Biarkan sebentar, lalu matikan api.
  5. Sajikan dalam keadaan hangat.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share